Pendaftaran SBM PTN 2013 dimulai senin


Metrotvnews.com, Jakarta: Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) secara daring mulai dibuka, Senin (13/5) pada pukul 08.00.

Pendaftaran hingga 7 Juni mendatang dan ditutup pada pukul 22.00. Pendaftaran dilakukan melalui situs http://sbmptn.or.id.

Ujian tertulis dilaksanakan pada 18-19 Juni. Sedangkan pelaksanaan ujian keterampilan pada 20 Juni dan atau 21 Juni. Pelaksanaan ujian keterampilan ini berlaku untuk beberapa jurusan seperti olahraga, seni tari, seni musik, sendratasik, dan seni rupa atau desain.

Ketua Panitia Pelaksana SBMPTN Akhmaloka mengatakan SBMPTN diperkirakan akan diikuti sekitar 600 ribu peserta. Jumlah kursi yang diperebutkan adalah 90.000 untuk SBMPTN dan 120.000 kursi untuk SNMPTN. 62 PTN termasuk PT yang dikelola Kementerian Agama sebanyak delapan akan ambil bagian dalam SBMPTN 2013. Jumlah PTN yang dikelola Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjumlah 54.

“SBMPTN dapat diikuti peserta yang lulus SLTA atau setara mulai 2011-2013,” ujar Akhmaloka pada Sabtu (11/5). Peserta SBMPTN dibagi atas tiga kelompok ujian yaitu kelompok ujian sain dan teknologi (saintek), kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum) dan kelompok ujian campuran. Setiap peserta boleh mengambil tiga program studi (prodi) hanya dari satu kelompok ujian dan dari PTN mana saja.

Biaya pendaftaran untuk kelompok saintek atau soshum adalah sebesar Rp175 ribu. Sedangkan untuk kelompok campuran saintek dan soshum adalah Rp 200 ribu. Ujian keterampilan dibebani biaya Rp 150 ribu per sekali ujian. “Ujian keterampilan dilaksanakan di PTN yang dituju,” tandas Akhmaloka.Sedangkan, pelamar SBM PTN luncuran dari pendaftar bidik misi yang tidak diterima di SNM PTN tidak dipungut biaya pendaftaran.

Menanggapi soal Uang Kuliah Tunggal (UKT), Akhmaloka mengatakan hingga kini besaran UKT masih digodok di Kemendikbud. “UKT masih digodok. UKT akan diberlakukan tahun ini mustinya kan besarannya sudah ada. Kita tunggu saja,” jelasnya.

Beberapa PTN sudah dikatakan dia sudah menyetujui dan memiliki besaran UKT. Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mengatakan PTN yang dia pimpin sudah setuju.(Vera Erwaty Ismainy)

Editor: Edwin Tirani
Sumber : http://www.metrotvnews.com